Selama empat puluh enam hari melakukan riset investigasi, observasi, dan wawancara mendalam di berbagai instansi daerah, masyarakat, dan petugas di TPA, Tim Riset WALHI Sulawesi Selatan menemukan beberapa fenomena dan fakta terkait dengan persepsi dan pengelolaan sampah di KSN Mamminasata.

Secara umum, pengelolaan sampah di KSN Mamminasata masih sangat jauh dari harapan. Hal tersebut ditandai dengan masih tingginya angka produksi sampah di masyarakat yang mencapai 0,00051 ton/hari/orang atau 0,51 kg/hari/orang. Dari total sampah yang dihasilkan sebesar 0,51 kg/hari/orang, hanya 8,32% yang terkelola di bank sampah atau diolah secara mandiri oleh masyarakat sebelum masuk ke lokasi TPA.

Di KSN Mamminasata yang terdiiri dari empat Kabupaten/Kota terdapat empat TPA yang belum menggunakan sistem sanitary landfill seperti TPA Tamangapa Makassar dan TPA Bontoramba Maros masih menggunakan sistem open dumping, serta TPA Balang Takalar dan TPA Caddika Pabentengang yang juga masih menggunakan sistem controlled landfill.

Selengkapnya, silahkan mengunduh hasil riset kami pada link berikut: